Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Advan pada PT Maju Telekomunikasi Batam

Authors

  • Elini Elini Universitas Putera Batam
  • Syaifullah Syaifullah Universitas Putera Batam

DOI:

https://doi.org/10.51158/ekuivalensi.v8i1.650

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawakan impresi yang besar pada aktivitas masyarakat, terlebihnya perkembangan teknologi telekomunikasi. Telepon genggam sekarang telah berkembang menjadi telepon pintar (Smartphone) yang sudah menyandang banyak karakteristik yang lengkap dan canggih. Oleh karena itu, persaingan industri smartphone ini menjadi sangat ketat. Keputusan pembelian sudah menjadi hal biasa dalam kehidupan sehari-hari dan dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, desain produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian smartphone advan pada PT Maju Telekomunikasi Batam. Sampel dalam penelitian adalah sebanyak 186 responden dan diambil dengan menggunakan purposive sampling. Berdasarkan hasil pengolahan data SPSS menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung 4,547. Desain produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung 7,233. Sedangkan, promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung 0,068. Hasil uji f menunjukkan nilai f hitung sebesar 65,758 sehingga dapat disimpulkan kualitas produk, desain produk, dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Abadi, F., & Herwin. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Beras Organik di Jakarta. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4, 1–8.
Aditi, B., & Hermansyur, H. M. (2018). Pengaruh Atribut Produk, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Honda Di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 19, 64–72.
Allysa, N. et al. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Ozon Parfum Fragrance. Jurnal Prosiding Manajemen, 4, 775–779.
Arianto, N., & Giovanni. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3, 12–22.
Fernando, M. F., & Aksari, N. M. A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Distribusi terhadap Keputusan Pembelian Produk Sanitaty Ware Toto di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 7, 441–469.
Hadi, N. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Hasyim Asy’ari). Journal of Business and Innovation Management, 2, 80–95.
Handayani, J. et al. (2020). Pengaruh Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya pada Kepuasan Konsumen Shopping Goods. Journal of Business and Banking, 10, 91–103.
Nazarudin, A. et al. (2019). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Asus pada Mahasiswa Jurusan Manajemen. Bisma : Jurnal Manajemen, 5, 17–25.
Niar, C. (2019). Pengaruh Desain Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Mezora. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3, 551–561.
Oktavenia, K. A. R., & Ardani, I. G. A. K. S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia dengan Citra Merek sebagai Pemediasi. Jurnal Manajemen Unud, 8, 1374–1400.
Pratama, A., & Realize. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Simantek, 4, 31–41.

Downloads

Published

2022-04-22

Most read articles by the same author(s)