Pengaruh Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Tamu Pada PT. Tri Sukses Sejati Go Massage Batam

Authors

  • Syaifullah Syaifullah Universitas Putera Batam
  • Nerli Nerli Universitas Putera Batam

Abstract

Abstrak

 Dalam perkembangan dunia bisnis, persaingan bisnis pijat semakin kompetitif dan semakin ketat. PT Tri Sukses Sejati Go Pijat Batam adalah salah satu layanan bisnis pijat. Promosi dan Kualitas Layanan adalah salah satu faktor untuk Kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh Promosi dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan pelanggan di PT Tri Sukses Sejati Go Massage Batam. Populasi dalam penelitian ini didasarkan pada jumlah total pelanggan per bulan yang berjumlah 205 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden yang diperoleh melalui rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah insidental sampling. Data penelitian adalah data primer yang diperoleh dengan metode kuesioner dan diuji menggunakan metode analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS versi 20. Hasil perangkat lunak menunjukkan bahwa nilai signifikan dari uji F adalah 0,000 dan lebih kecil dari 0,05 sehingga secara bersamaan, Promosi dan Kualitas Layanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan secara parsial, nilai signifikan dari uji T untuk variabel Promosi dan Kualitas Layanan adalah 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa promosi dan kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

 

Kata kunci: Promosi; Kualitas Layanan; Kepuasan Pelanggan

  

Abstract

In the development of the business world, the massage business competition is increasingly competitive and increasingly tight. PT Tri Sukses Sejati Go  Massage Batam is one of the massage business services. Service Promotion and Quality is one factor for Guest Satisfaction. The research aims to obtain empirical evidence regarding the influence of Promotion and Service Quality on Guest Satisfaction at PT Tri Sukses Sejati Go Massage Batam. The population in this study was based on the total number of guests per month totaling 205 people. The sample used in this study was 100 respondents obtained through Slovin formula. The sampling technique used is incidental sampling. The research data are primary data obtained by questionnaire method and tested using multiple regression analysis method with the help of SPSS version 20. The software results show that the significant value of the F test is 0,000 and smaller than 0.05 so that simultaneously, Promotion and Quality of Service has a significant influence on guest satisfaction. While partially, the significant value of the T test for the Promotion and Service Quality variable is 0,000 so it can be concluded that promotion and service quality have a significant effect on guest satisfaction.

 

Keywords: Promotion; Service Quality; Guest Satisfaction

Downloads

Published

2019-10-10

Most read articles by the same author(s)