Memaksimumkan Brand Loyalty, Brand Trust Dan Brand Image Melalui Satisfaction

Authors

  • Nasib Nasib STIE Mahkota Tricom Unggul
  • Syaifullah Syaifullah Universitas Putera Batam
  • Zulia Rifda Daulay Politeknik Unggul LP3M

DOI:

https://doi.org/10.51158/ekuivalensi.v7i1.476

Abstract

Tujuan utama dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui secara langsung pengaruh brand trust dan brand image terhadap satisfaction serta dampaknya terhadap brand loyalty. Pendekatan penelitian ini merupakan analisis jalur. Dimana analisis jalur dilakukan secara langsung dan tidak langsung antara variabel brand trust dan satisfaction serta dampaknya terhadap brand loyalty. Populasi da sampel yaitu mahasiswa aktif tahun ajaran 2018-2019 pada kampus Politeknik Unggul LP3M. Teknik penarik sampel menggunakan accidental sampling dimana peneliti hanya mengambil 125 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara langsung variabel brand trust dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap satisfaction. Kemudian secara tidak langsung brand trust dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty melalui satisfaction

Kata Kunci Brand Trus; Brand Image; Satisfaction; Brand Loyalty

References

Amelia, N. R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Citra Kampus Terhadap Loyalitas Mahasiswa Mengikuti Program MGM (Member Get Member) Melalui Kepuasan Mahasiswa Sebagai Variabel Intervening. Abdi Ilmu, 1(1), 121–133.
Arif, M. (2020). Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Produk Tabungan Emas Pegadaian. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 8(2), 472–481.
Azizah, B. (2017). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Bank Syariah Di Kota Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Fadli, N. M. Z. F. A. (2020). Analysis Of Impact Factors On College Decisions On Private College Lecture In Medan City. International Journal of Business and Management Invention (IJBMI), 9(3), 18–24.
Indawati Lestari; Nasib, S. C. A. S. A. ; I. E. (2019). Trust Identification And Smartphone Purchase Decisions (Structural Equation Modeling Approach). In International Journal of Civil Engineering and Technology (IJCIET) (Vol. 10, pp. 1020–1032).
Lestari, N. I., Nazah, K., Handayani, C., & Wirda, A. (2020). Online Shopping the Satisfaction through Perceived Quality and It ’ s Impact On Customer Loyalty. International Journal of Business and Management Invention (IJBMI), 9(3), 56–61.
Lestari, N. R. A. I. (2019). Dasar Pemasaran. Dasar Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.
Lubis, I. L. S. C. N. Z. F. Z. R. D. D. S. (2020). The Role of Switching Barrier to Become Intervening Variables between Brand Image and Trust on User Loyalty Halal Labeled Cosmetics. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(3), 13352–13359.
Maria, R. T. (2017). Pengaruh Brand Image, Trust Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Indomie. Universitas Negeri Semarang.
Samar Rahi. (2016). Impact of Customer Value, Public Relations Perception and Brand Image on Customer Loyalty in Services Sector of Pakistan. Arabian J Bus Manag Review, 1–6. https://doi.org/10.4172/2223-5833.S2-004
Tjahjaningsih, E. (2013). Pengaruh Citra Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Supermarket Carrefour Di Semarang). Jurnal Media Dan Manajemen, 28(2), 13–27.
Tumbel, A. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah pada PT Bank BTPN Mitra Usaha Rakyat Cabang Amurang Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, 13(1), 64–79.
Yani, R. A. S. A. (2020). Optimalisasi Membangun Brand Image Terhadap Customer Loyalty Melalui Customer Value Dan Customer Retention Sebagai Variabel Intervening. JEB (Ekonomi Bisnis), 26(1), 268–279.

Downloads

Published

2021-04-30

Most read articles by the same author(s)