Aplikasi Multimedia Edukatif Sebagai Alat Bantu Belajar Membaca Al-Qur’an

  • Zainudin Sidik STMIK Ichsan Gorontalo

Abstract

Ilmu agama islam adalah ilmu pengetahuan seputar agama islam yang harus didasari oleh adanya elemen pendukung penting yaitu guru yang mengajarkan juga media yang digunakan. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk dapat menciptakan aplikasi mereka sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk multimedia edukasi yang menarik dan dapat membantu kegiatan belajar para santri. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dimana data dikumpulkan berdasarkan RAP kemudian data dianalisa dan dilakukan pengembangan kedalam bentuk multimedia pembelajaran. Aplikasi yang dikembangkan terdiri dari dua komposisi yaitu bermain dan belajar. Materi belajar tentang macam-macam ilmu tajwid sedangkan untuk game berupa permainan asah otak yang diadaptasi dari game parampa. Aplikasi ini berhasil diimplementasikan menggunakan bahasa pemrograman action script 3 serta bantuan aplikasi pendukung lainnya. Multimedia yang dirancang akan bersifat sistem menu sehingga lebih mudah digunakan dan dipahami, terutama bagi guru dan santri yang baru belajar mengoperasikan sistem android. Aplikasi ini sangat membantu Guru dan santri dalam proses pembelajaran, selain dapat menjadi media pembelajaran dapat juga dijadikan sebagai sarana pembelajaran visual yang menarik.


Kata kunci : Android,  Multimedia Edukasi

Author Biography

Zainudin Sidik, STMIK Ichsan Gorontalo

STMIK Ichsan Gorontalo

Published
2019-04-22
How to Cite
SIDIK, Zainudin. Aplikasi Multimedia Edukatif Sebagai Alat Bantu Belajar Membaca Al-Qur’an. JURNAL TECNOSCIENZA, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 211 - 224, apr. 2019. ISSN 2615-3319. Available at: <http://www.ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/TECNOSCIENZA/article/view/195>. Date accessed: 06 aug. 2021.
Section
Articles